Archive for August 2013

Aug152013

CARA INSTALLASI KLOXO PADA VPS (VIRTUAL PRIVATE SERVER) ATAU DEDICATED SERVER (KLOXO OFFICIAL) DENGAN OS CENTOS

Comments Off on CARA INSTALLASI KLOXO PADA VPS (VIRTUAL PRIVATE SERVER) ATAU DEDICATED SERVER (KLOXO OFFICIAL) DENGAN OS CENTOS

Control Panel Hosting merupakan salah satu hal terpenting dalam mengatur manajemen hosting. Kloxo merupakan alternatif panel hosting selain cPanel. CPanel berlisensi bayar (kira-kira $15/bulan) berbeda dengan kloxo yang lisensinya free. Control Panel kloxo juga semakin banyak digunakan terutama orang indonesia yang suka sekali dengan hal yang berbau gratisan ha ha. Termasuk saya.., mengapa saya katakan cpanel kloxo cukup baik.? karena beberapa VPS yang saya installkan sampai saat ini belum pernah bermasalah…

Dukungan kloxo untuk bahasa indonesia anda dapat mengunjungi http://forum.lxcenter.org/ dan pilih di bagian indonesia

Oke, mari kita mulai saja. Bagaimana cara installasi kloxo pada vps atau dedicated server? sebelumnya anda pasti sudah tahukan apa itu VPS? kalau belum tahu silahkan kunjungi dulu Apa itu VPS dan kegunaannya

Yang sudah tahu, mari kita lanjutkan

Langkah-langkahnya adalah:

Koneksikan VPS menggunakan putty, bitvise dll

Setelah klik tombol open masukan user dan paswword VPS anda maka anda akan terkoneksi seperti gambar :
PUTTY configuration

# update centos anda ke versi terbaru dengan perintah :

Cd / yum update –y

Update Cen Os

Setelah proses update selesai download source untuk installasinya :

wget http://download.lxcenter.org/download/kloxo/production/kloxo-installer.sh

Download Kloxo Official

setelah selesai download kloxo ketikkan perintah

sh ./kloxo-installler.sh --type=master

dan akan muncul seperti gambar dibawah ini lanjutkan dengan menekan enter.

Kloxo Instattlasi
Kloxo Instattlasi step one

Jika muncul pertanyaan anda cukup menjawab dengan menekan tombol Y dan enter. Jika ditanyakan password masukan password root.. tunggu sampai selesai installasi. Untuk login ke panel kloxo setelah installasi adalah http://IPVPSANDA:7778 atau https://IPVPSANDA:7777  dengan user dan password = admin

Kloxo Official

Nah sekarang kita telah berhasil melakukan installasi cpanel kloxo.

Bila ada pertanyaan bisa kirim komentar atau langsung ke forum Kloxo.

Selamat mencoba ya…

Aug102013

CARA INSTALL DAN SETTING KLOXO-MR WEBSERVER HOSTING GRATIS

Comments Off on CARA INSTALL DAN SETTING KLOXO-MR WEBSERVER HOSTING GRATIS

Pada artikel Kloxo-MR Control Panel Webserver Hosting Apache Nginx Gratis. Sudah kita bahas kalau Kloxo-MR mempunyai banyak fitur dibanding dengan Kloxo Official. Selain gratis alias gak berbayar, Control Panel ini mirip dengan control panel berbayar seperti cpanel,  Plesk Panel, DirectAdmin.

Jika dibanding dengan Kloxo official, mempunyai fitur yang lebih lengkap dan lebih mudah konfigurasinya. Di fitur webserver tersedia pilihan apache, nginx, lighttpd, nginx-proxy dan lighttpd-proxy. Di fitur php branch tersedia pilihan php53, php53u hingga php54. Sedangkan di php type terdapat pilihan mod_php, suphp, php-fpm, fcgid dan berbagai turunannya, serta terdapat opsi dual-php. Dengan adanya berbagai fitur tersebut memungkinkan user Kloxo-MR bisa melakukan konfigurasi yang jauh labih efisien dan lebih canggih.

Cara Install dan setting Kloxo-MR Webserver Hosting Gratis

Sekarang marilah kita bahas cara install dan setting kloxo-MR ini. Pertama-tama yang kita butuhkan adalah VPS dengan virtualisasi OpenVZ atau XEN yang memakai sistem operasi Centos 5 32/64 bit atau Centos 6 32/64 bit. Untuk virtualisasi VPS dianjurkan memakai XEN-PV karena mempunyai harga yang lebih murah dibanding KVM. Pemakaian virtualisasi OpenVZ mempunyai kelemahan tidak bisanya clear cache (sync; echo 3 > /proc/sys/vm/drop_caches)

Bitvise SSH Client

Hal yang kedua kita butuhkan untuk installasi Kloxo-MR adalah software ssh client. Disini kita bisa menggunakan putty atau saya menganjurkan menggunakan alternatif lain. Yaitu Bitvise SSH Client (Tunnelier) karena mempunyai tampilan yang lebih user friendly dibanding putty.

Cara Install dan setting kloxo-mr Webserver Hosting Gratis

Cara Install install dan setting kloxo-mr adalah sebagai berikut :

Pada Bitvise SSH Client (Tunnelier) – login, isi server host dengan IP Address utama VPS. Pada server port isi 22 (default), username isi root, initial method pilih password. password isi dengan password saat pendaftaran atau kita bisa merubahnya melalui VPS control panel seperti SolusVM. Lakukan login dan jika ada authentication langsung saja di save.

Untuk fresh install lakukan perintah :

cd /
# update centos to latest version
yum update -y
# install some packages like package-cleanup, etc
yum install yum-utils yum-priorities vim-minimal subversion curl zip unzip telnet wget -y
setenforce 0
echo 'SELINUX=disabled' > /etc/selinux/config

Setelah itu lakukan perintah untuk install/ reinstall/ upgrade yang mana perintah ini tidak akan menghapus data Kloxo/ Kloxo-MR sebelumnya. Untuk kloxo (6.1.x), jalankan dulu perintah ‘sh /script/update’ lebih dulu sebelum perintah ini.

# remove old script and go to
cd /tmp
rm -rf /tmp/kloxo; mkdir /tmp/kloxo
rm -f ./kloxo-mr-dev.sh
# get kloxo packer from github
wget http://github.com/mustafaramadhan/kloxo/raw/dev/kloxo/install/kloxo-mr-dev.sh --no-check-certificate
# install kloxo
sh ./kloxo-mr-dev.sh

Ikuti perintah saat instalasi sampai selesai dan bila perlu lakukan reboot. Jika instalasi Kloxo_MR ini selesai, buka Kloxo-MR di browser dengan menggunakan url http://ip-address-anda:7778 dengan username password admin:admin.

Cara Setting Kloxo-MR Webserver Hosting Gratis

Pada saat pertama kali masuk Kloxo-MR, kita diharuskan untuk mengganti password default kita. Setelah itu lakukan setting seperti pembuatan DNS templates, Add domain dan Set default Domain. Jika ada notifikasi seperti Lxguard, SSH Config dan lainnya silahkan setting sesuai kebutuhan.

Kloxo-MR Panel Hosting

Default Kloxo-MR menggunakan apache, DNS: bind, Spam: bogofilter, dengan webserver config – Php Branch: php_(as_5.3.21), Php Type: php_mod_ruid2, Mysql: myisam. Kita bisa merubah itu semua dengan mudah sesuai dengan keinginan kita, demikian cara install dan setting kloxo-mr, semoga bermanfaat.

sumber : https://forum.mratwork.com/